Thursday, February 20, 2014


Buku  ‘”Kecil” yang “BESAR”

SAYA mudah terisnpirasi dengan membaca, karena mudah terinspirasi dengan membaca , membuat SAYA menyukai bacaan. Yah, sama seperti Anda, SAYA cinta dengan buku,. Sejak bisa membaca, entah sudah berapa buku yang SAYA lahap, mungkin puluhan, ratusan atau ribuan. Namun, ada beberapa buku yang menurut SAYA begitu inspiratif, sehingga saya ingat dengan betul lembar2 halamanya dan quote2nya. Buku pertama yang saya “baca”, yang sedikit banyak cukup membentuk saya(masa itu), adalah sebuah tulisan terjemahan biografi Maria Skoldowsky, ya buku pertama di usia saya yang ke-7, hingga dari buku itu saya berpikir, kelak di usia puluhan saya harus menjadi Putri terbaik untuk orangtua saya, adik terbaik untuk kakak saya, kakak terbaik untuk adik saya, Murid terpandai yang pernah dimiliki guru saya, guru terbaik untuk murid saya, Ibu terbaik untuk anak2 saya. Yah, saya kecil yang selalu obses menjadi orang2 di buku yang saya baca (ctt: saya kecil tidak pernah membaca buku untuk anak2 semisal bobo, kartun disney, dongeng lulaby dst. Menurut saya kecil ”saya terlalu tua untuk membaca majalah anak2”)
Itulah sepenggal ihwal saya menyukai membaca dan mencintai buku, dan beberapa tahun terakhir saya baru tergila – gila dengan sebuah Buku kecil yang besar, kecil fisik bukunya, besar pengaruhnya untuk saya. Buku yang diawal saya sangat ingin membaca, sekaligus yang diawal saya merasa sulit untuk memahami. Buku yang diawal saya lihat Bab 1 adalah puncaknya, sehingga kalau saya baca bab satu tidak perlu membaca yang selanjutnya, toh akan sama. Ternyata tidak,,,
Entah sudah berapa ratus hari saya membaca, mengkaji, menelaah dan mendiskusikan buku kecil yang besar ini, tapi semakin saya membaca, mengkaji, menelaah dan mendiskusikanya semakin saya ingin masuk ke bab selanjutnya.
Dan setelah buku ini nyaris rampung saya baca, saya ingin mengulang membacanya dari awal, saya ingin membagi ilmunya kepada orang yang saya temui, “mengikuti” tiap pembahasannya untuk merealisasikannya. Bahkan, jika diminta membuat garis bawah untuk potongan pentingnya, saya pasti  akan menggaris bawahi tiap paragraf, kalimat, kata dan hurufnya. RA
Buku “Kecil” yang  “Besar”???????

No comments:

Post a Comment